Senin, 19 Desember 2016

Cium Aroma Korupsi di Kementrian Desa, CBA Kirim Surat ke KPK

Kanal Nasional - Kanal Berita Indonesia
Cium Aroma Korupsi di Kementrian Desa, CBA Kirim Surat ke KPK
Uchok Sky Khadafi (Direktur CBA)/Foto Facebook
Foto: Uchok Sky Khadafi (Direktur CBA)

CBA (Center For Budget Analysis) mengirim surat terbuka kepada Agus Rahardjo, ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memperhatikan atau membuka penyelidikan di Kementerian Desa, Pembangunan daerah tertinggal dan Transmigrasi dalam lelang tahun 2016 tentang penyediaan alat peraga pendidikan untuk anak usia dini kawasan perdesaan" atau APE PAUD (alat Peraga Pendidikan anak usia Dini)," ujar Uchok Sky Khadafi Direktur CBA

Dalam lelang APE PAUD ini, CBA menemukan potensi kerugian negara sebesar Rp.3.573.213.000 dari 4 paket yang dilelang dengan total nilai paket sebesar Rp.50 milyar. Dimana, pertama,  Paket 1 bernilai 11,09 milyar ; kedua, Paket 2 bernilai 11,11 milyar ; ketiga, Paket 3 bernilai 13,62 milyar dan keempat, Paket 4 bernilai 14, 11 milyar," ungkap Uchok.

Selain ada potensi kerugian negara, ada juga, kejanggalan dan terindikasi penyalahgunaan anggaran, dan hal ini, ada dugaan telah terjadi pelanggaran peraturan presiden No.4 tahun 2015 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah dalam lelang 4 paket PAUD tersebut.

Berikut penjelasan CBA tentang dugaan penyalahgunaan anggaran, pengadaan barang dan jasa pemerintah dalam lelang 4 paket PAUD:

1. Dalam 4 paket belanja barang APE PAUD, ternyata mayoritas
belanjanya adalah buku yang mencapai 320 judul buku. Sementara
untuk belanja APE PAUDnya Cuma 112 alat peraga. Ini terindikasi
penyalahgunaan anggaran. Dalam nomemklatur dan  anggaran APBN tersebut yang mau dibeli itu judulnya hanya penyediaan alat peraga pendidikan anak usia dini. Kok tiba tiba speknya  entah datangnya darimana ada pembelian atau ditambah buku 320 judul.

2. Dalam spesifikasi bukunya sudah ditentukan penerbit dan
pengarangnya. Didalam lelang barang yang menyebut merk, penerbit
dan pengarang tidak boleh, karena disini akan terjadi KKN. Ini juga
termasuk penyalahgunaan wewenang.

3. Untuk menjaga keamanan dan keselamatan serta kesehatan anak
didik, kami curiga pihak panitia lelang dalam pengadaan ape paud belum melakukan ujicoba yang bersumber pada hasil ujicoba dan dikembangkan oleh pusat pengembangan pemberdayaan pendidikan dan tenaga pendidikan PAUD ( PPPPTK – PAUD ) KEMENDIKBUD RI. Untuk
menimalisir kandungan racun dalam alat peraga paud.

Yang terakhir, selain kasus diatas, yang harus jadi sorotan CBA dan fokus perhatian KPK adalah pengadaan barang dan jasa di kementerian Desa, Pembangunan daerah tertinggal dan Transmigrasi yang jadi pemenang perusahaan itu itu saja. Jadi, sebetulnya tidak usah melakukan lelang, kalau perusahaan pemenang yg dipilih, perusahaan itu itu saja," terang Uchok.

Sebagai contoh, tambah Uchok, pada tahun 2016 ada paket sebesar Rp.24.9 milyar,  dan pada tahun 2015 ada paket sebesar Rp.26.9 milyar  pada Ditjen Pembangunan Kawasan Perdesaan, Kementerian Desa, Pembangunan daerah tertinggal dan Transmigrasi untuk  melakukan lelang Pengadaan Kapal Tangkap Ikan 17 GT  yang dimenangkan oleh PT. Mina Anugrah Sukses yang beralamat Kp. Kohod Rt. 004/001 No. 888 Desa Kohod Kec. Pakuhaji Kab. Tangerang – Banten  selama dua tahun berturut turut.

"Jadi enak iya, kalau perusahaan jadi pelanggan Kementerian Desa, Pembangunan daerah tertinggal dan Transmigrasi. Bisa jadi pemenang proyek kapal pada setiap tahun. Dan pihak Kementerian Desa, Pembangunan daerah tertinggal dan Transmigrasi  memang tidak pernah serius melakukan lelang, dan seharusnya DPR harus melakukan evaluasi dong, dan jangan diam saja kaya patung untuk pengawasan Kementerian Desa, Pembangunan daerah tertinggal dan Transmigrasi," tutup Uchok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar